Sering tiba-tiba KRAM? Waspadalah Neuropati!

by 18.49 3 komentar

source : disini

Hai, i’m back.

Dewasa ini, semakin banyak orang yag tidak lepas dari gatget, mulai dari telepon pintar, laptop maupun sejenisnya. Jemari lebih aktif digunakan mengoperasikan gadget dan membiarkan bagian tubuh lainnya pasif.

Seperti biasa, menunggu ialah rutinitas yang mulai kuakrabi di semester akhir ini. menunggu pembimbing ya gaes, bukan menunggu jodoh. Sambil menunggu, stalking boleh kan? Nah, di tengah-tengah stalking ada sedikit gangguan di kakiku. Tiba-tiba kaki sebelah kiriku kram atau kesemutan. Berusaha menggerakkan sekuat tenaga dengan mencengkram lengan dua temen sampingku, tapi tetap gagal. Setelah 3 menit kemudian, alhamdulillah kembali normal.

Setelah, tak pikir-pikir kok akhir ini aku sering kram di beberapa bagian tubuh ya? Apa aku kurang olahraga? Apa aku terlalu banyak mengonsumsi mie instan? Apakah aku terlalu rajin ngerjain revisi? Apa aku terlalu banyak stalking?

Awalnya aku tak menghiraukan gangguan itu, tapi kebetulan pas baca majalah kartini edisi 2324. Ada artikel kesehatan menarik. Tentang Neuropati. Nah neuropati sendiri yakni kondisi ganguan dan kerusakan saraf yang ditandai dengan gejala kesemutan, kebas dan kram suatu kondisi gangguan saraf, baik saraf perifer maupun saraf pusat. Gangguan ini terjadi karena adanya trauma pada saraf, atau bisa juga akibat efek samping dari suatu penyakit sistemik.

Banyak yang menganggap sepele akan gangguan ini, tapi gangguan tersebut bisa jadi suatu tanda ada kerusakan syaraf atau neuropati. Menurut konsultan neurologis dari Departemen Neurologi FKUI/RSCM, Jakarta, dr Manfaluthy Hakim, Sp.S (K), neuropati sering kali dipandang sebagai kondisi yang terjadi secara umum, bukan sebuah penyakit. “ Padahal jika tidak segera ditangani, kondisi neuropati dapat menganggu mobilitas seseorang. Untuk neuropati yang terjadi karena faktor usia, ada kemungkinan gangguan akan semakin berat bila tidak menjalani pengobatan dengan benar. Bahakan, bisa memunculkan komplikasi lainnya,” jelas Manfaluthy.

Berhubung neuropati berhubungan dengan syaraf, alangkah baiknya kita mengenal walaupun sedikit tentang sistem kerja saraf. Dilihat dari fungsi, saraf berguna untuk memproses suatu informasi, hingga akhirnya menyebabkan reaksi pada bagian tubuh manusia. Sistem ini terbagi menjadi dua, yakni saraf pusat dan saraf perifer. Saraf pusat terdapat di otak dan sumsum tulang belakang. Sementara saraf perifer menghubungkan sister saraf pusat dengan organ tubuh, seperti yang terdapat diujung jari tangan dan kaki.

Menurut penelitian yang diadakan oleh PT Merck, bahwa 1 dari 2 orang (42%) berisiko terkena Neuropati, bahkan 38% dari kelompok usia 20-29 tahun juga telah berisiko, yang mana meningkat jauh angkanya dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selanjutnya, 1 dari 4 orang mulai merasakan kesemutan dan kebas di usia 26-30 tahun. Dulu yang berisiko terkena Neuropati adalah orang-orang diatas usia 40 tahun, tapi sekarang kita-kita yang masih muda juga berisiko. Kenapa? Karena gaya hidup masyarakat jaman sekarang, dan juga karena awareness terhadap Neuropati masih sangat minim.

Gaya hidup yang seperti apa sih? Kita terbiasa melakukan aktivitas secara berulang-ulang. Seperti bermain gatget, mengendarai motor, mengetik di komputer, main games, memakai high heel, dan kebiasaan buruk lainnya.

Lalu bagaimana pencegahannya?

Minum vitamin neurotropik, yang terdiri dari viitamin B1(beras merah, kuning telur, ikan), B6(daging hati, beras tumbuk), dan B12(susu, telur, rumput laut).
Mengurangi merokok, alkohol dan obat-obatan yang memicu neuropati.
Selain memenuhi asupan tubuh dengan vitamin neurotropik, Manfaluthy menambahkan, penting pula dilakukan pemeriksaan risiko neuropati secara berkala.

Sayangi sarafmu, kurangi resiko neuropai. Oke dhaaa~~


Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

3 komentar:

  1. maaf bisa add line saya ga ka?
    id : massatriapermana
    atau follow ig saya @massatriapermana saya pengen nanya nanya seputar blog, blog saya dspermana.blogspot.com yang pernah kamu comment di postingan aku..
    trims sebelumnya

    BalasHapus
  2. BROKER BERBASIS DI INDONESIA
    TRADING ONLINE TERPERCAYA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)