KKN when i was STUDENT

by 21.27 8 komentar

Dear, aku bener-bener gak semangat buat ngikutin PPM. .

Stop dulu, simak dulu conversationku tadi dengan si Paijo..
“ emang PPM itu apa sih Ris??” tanya paijo dengan ke-o’onannya.
PPM itu program tahunan yang diselenggarakan oleh Organisasi Santri Ma’had Al-Amin (OSMA). PPM tahun ini merupakan PPM yang ke-4. Pelaksaan PPM didasarkan pada   pengetahuan umum, bahasa, agama, jiwa kepemimpinan dan penguasaan teknologi yang didapatkan di pesantren. Hal ini sesuai dengan misi Al-Amin: Ilmu Amaliyah, Amal Ilmiyah, dan Akhlaqul Karimah. Selain itu, kegiatan PPM diharapkan bisa melatih para santri untuk bersosialisasi dengan masyarakat, karena keterampilan kemasyarakatan tidak bisa didapatkan di bangku sekolah. Ini juga menjadi pendidikan nonformal dan penambah wawasan maupun pengalaman para santri untuk menghadapi berbagai persoalan dalam masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai tempat untuk mempererat silaturahim antara masyarakat dengan santri. Serta, bekal untuk menjadi pribadi yang berperilaku baik dan berguna bagi seluruh aspek masyarakat kelak”. Perikataku panjang lebar sampek bibirku monyong.
“ lah, trus realisasi kegiatannya apaan?” makin kelihatan nampang unyu-unyunya Paijo dibumbui dengan bibir melongo membentuk huruf O.
“ Yah, kalo paginya kita disuruh ngajar di TK dan kalo sore dan siangnya kita ngajar ngaji di TPQ. “
“ trus, hubungannya dengan masyarakat apa Ris? Kan cuman anak usia dini doang dong?? “
“ emang anak TK dan TPQ itu bukan anggota masyarakat?? “
“ hehe iya juga sih. “ jawabnya dengan polos dan penuh garukan di kepalanya.




Sudah 2 tahun ini, aku PPM ke TK dan TPQ Muslimat se-kec Prajurit Kulon Mojokerto, Jatim, Indonesia, Asia Tenggara. Dan bedanya tahun kemaren dan tahun ini yaitu pada kegiatan malamnya. Kalo kemaren kita ke masyarakat untuk mengontrol jam belajar dan mengikuti kegiatan di masyarakat tersebut. Namun, untuk tahun ini kegiatan malamnya di hapuskan karena muncul berbagai kontrofensi diantara orang-orang besar. dan inti permasalahannya yah cuman satu. Gara-gara kita ini CEWEK. Jadi ada proteksi berlebih lah. Beda kalo dengan PPM di cowok mereka menuju ke suatu kampung dan mereka langsung terjun di masyarakat. Terasa banget yah kemasyarakatannya. Aku envy dengan cowok. Aku gak bisa sebebas mereka. Tapi inilah hidup. #nasibCewek. Apalagi tahun ini mereka ke TRAWAS. Yah, mereka uplod” keindahan TRAWAS. Dan sumpah nusuk hati paling hulu deh. Asem.

Dan aku sudah berdoa jauh-jauh hari kalo' aku gak mau nanti pas PPM dapet di TK Nurul Huda. Satu aja alasannya, dan simple banget. Yah, karena menurutku terlalu dekat aku maunya yang jauh-jauh disana. Ntar bisa mampi sana-sini. Yah, minimal kayak PPM tahun kemaren lah. Aku dapet TK Al-Usmani. Yah, aku seneng banget karena deket sama Keraton. So, secara tidak langsung kita bisa shopping-shopping disitutuh. Meski, pada hari itu aku bokek. Okelah anggep aja shopping banyak. Karena pasti temenkulah yang bakan norokin pada nantinya alias ngutang. #MentalSantri.
Dan. Apapun yang terjadi kukanslaluadauntukkmu. Walau badai menghadang. Walau Kankerku mulai menyerang di hari akhir bulanku, walau badanq semakin hari semakin mencengkrin, walau SBY lagi nge-tweet bareng gw. Walau jamur menggerogoti isi kamarku, walau totor makin doyan makan lemariku.. Kukan terus malaju ke Nurul Huda yah untuk menggadbidakan diri di antara para anak-anak usia dini.
Dan realitasnya, meski jarak TK tujuan kita paling dekat dari yang lain (sekitar 2 KM). kita yang jalan dari pondok ke sana. Asem banget deh. padahal yang lain naik avanza, Alpath, Sedan ke TK masing-masing dengan selamat. Sementara kita naik angin ilusi yang mengantarkita ketempat tujuan dengan selamat dengan berbagai rintangan. Dan keselamatan kami sudah cukup mengobati kesakithatian ini. cukup.
Ternyata eh ternyata aku banya menemukan spesies rizki disana. Mulai dari kelas A1,A2,A3.. Semuanya dihiasi dengan nama-nama RIZKI. sungguh bener-bener publik namaku. Dan anehnya lagi nama itu di huni oleh anak-anak paling nakal disekolah tersebut. Yah yang namanya RIZKI itu terkenal akan kenakalannya dan kebandelennya dan lumayan cerdas. Wkwkwkwkkw untung aja ada yang belakang tadi. Dan, aku gak suka tuh yang namanya BU NURUL.. Yah dia tuh lagaknya tuh kyak sumingrah gitu klo bicara. Tapi isi perkataannya itu lo sungguh pedes banget bo.  Masak kita disuruh buat laporan, ngajar sendiri, buat PPT tiap pagi, dan pastinya itu semua kita yang sediain. Oh what a hell.
Dan, pada sorenya kita terjun keTPQ. Emang merepotkan hari-hari aja ini. dan alhasil aku bertemu spesies-spesies seperti aku lagi. Yah malah kelas ku ada 2 macam spesies RIZKI. oh, no...
Dan, di hari kedua tadi aku ke jilid 5 keatas.. Duh mayak-mayak arek.e. Dan ada sedikit kenerveosan menyelinap di ulu hati dan rempelo serta kulit. Yah, karena mereka lebih besar dari aku. Dalam segi psikis aja sih. Tapi ya tentu tua aku doong.. Dan asemnya gak ada yang mau aku simak.
"rek, ayo kunu lo gak usah isin" wong yo sak pantaran ae" kata ayik
" heh, ngawur ae. Mbak.e iki wes SMA Kelas telu mas,  " kata ustadah membelaku
" hahhahahah" tawa ayik bersama teman2 mengejekku.
"AsemM......" dalam hatiku bertahlil
Dan pas aku lagi batuk-batuk eh ayik gini
"Eh mbak lapo watuk-watuk..? Iki lo obat.." sambil membuka tas.e
" Gausah wees." tolak gw sok jaim
"Eh,, gaonok.e.. Wes entek mbak.. Wkkwkkw" tawanya lebar. Asem aku dikerjain lagi. Dasar siluman berkulit hitam cap buaya.
Dan pas pulang tadi ada fajar(yang aku simak tadi)
Doi papasan sama aku.. Dan dengan pedenya dia ngeluarin senyum pepsodenntya. Dan dengan terpaksa dan menahan tawa ku balas dengan senyum KODOMO...kekekekkwkkww
Wah temen2 sekelompok gw pada heboh semua. Tuh doii samperin..
Udah deh sekian dulu yah postingku hari ini.. besok aku harus terjun lagi ni.. semoga berhasil ya. 


Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

8 komentar:

  1. semangat bu guru!! asyik yah bisa ngajarin anak kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngajarin plus ngerjain..wkkwkk#gurubiadab

      Hapus
  2. Wah Guru Eksis Nieh foto foto dlu hehehe kidding :D

    Blogwalking ya Mbak :D
    www.alhuwaladan.blogspot.com

    BalasHapus

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)