Perawat Gigi Juga Manusia

by 14.05 42 komentar

Hay guys, menjadi kekinian kadang juga perlu. Bukan hanya semata-mata mengikuti arus globalisasi, westernisasi atau sasi-sasi sejenisnya. Saat ini, bacaan anak kekinian ialah hipwee.com. Jangan ngaku hits kalo belum tau situs apa itu.
Sebagai makhluk mojokertensis, aku gak mau dong merasa tertinggal. Jadi, kemarin aku menemukan artikel unik yang membelakkan mataku. Iya tentang curhatan anak FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) yang merasa dinomorduakan.
Kalo FKG dinomorduakan, lantas JKG (Jurusan Keperawatan Gigi) menjadi nomor berapa. Ah, gausah di-itung deh malah ngenes.
Plis deh, batinku beruntung banget dia mahasiswa FKG. Padahal dokter gigi dulu pernah jadi salah satu list cita-citaku. Ah, ya sudahlah. Jangan diungkit-ungkit lagi. 

Meskipun gak masuk FKG, toh akhirnya aku juga terjerumus masuk JKG (jurusan keperawatan gigi).
JKG???
"Itu jurusan apaan?" pertanyaan yang jleb banget. Ketika aku jelaskan pasti orang awam ujung-ujungnya pahamnya dokter gigi. Aku hanya bisa mengelus dada dan senyum harus tetap menghiasi wajah.
Ada juga yang bilang kalo JKG itu kepanjangan dari jurusan kebanyakan gadis. Tapi, emang bener sih, tapi jangan kuatir kampus JKG itu tetanggaan sama anak Teknik Elektromedik. Jadi, gausah galau deh, tiap pagi (meski jomblo) dapet "Selamat pagi, gigi" dari Atem. Atem itu sebutan gaulnya anak teknik elektromedik. Kalo atem mah, kebanyakan cowok. 
Damn! Malah yang selalu dilontarkan orang-orang dirumah gini (ini lebih ngenes lagi) :
"kuliah dimana?" 
"di poltekkes surabaya" 
"jurusan apa?" 
"jurusan keperawatan gigi" 
"Ohh, dokter gigi ya, di unair itu ta" 
"Bukaaaan, keperawatan gigi di poltekkes kemenkes surabaya woyy!!Aku kesel banget sama mereka." 
"alah, gausah merendah gitu."
Akhirnya kubiarkan percakapan itu berakhir disitu dan #senyuminaja. Aku gak mau nambah-nambahin suudhon mereka ke aku. Dalam hati yang terbiasa tersakiti ini, aku hanya khawatir pandangan mereka saat ini, tidak sesuai ekspektasi nantinya.
Ada juga yang ngeledek gini 
"Kenapa gak sekalian kuliah dokter gigi? nanggung amat."
Boro-boro kuliah doter gigi, kuliah keperawatan gigi ini saja sudah cukup membuat saya uji nyali di dunia perkuliahan. 
"Kenapa sih, gigi aja ada spesialisasi sendiri"
Hal yang “seremeh” gigi dan mulut sebenarnya punya banyak implikasi. Gigi yang tak terawat bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung. Sakit tidak hanya bisa diberi obat, sakit gigi biasanya berawal dari karies yang dibiarkan terus menerus. Langkah yang benar ialah pergi ke klinik gigi untuk dirawat, bukan malah minum obat analgesik doang. Trus kalo udah sembuh gak diurusin lagi.
Tapi sudahlah. Jawaban di atas mungkin hanya bisa sepenuhnya dimengerti jika kamu seorang dokter gigi, perawat gigi maupun tekniker gigi.

Percakapan di atas mungkin sudah kulakukan beberapa kali, sampai kadang-kadang gondok sendiri. 
Selain belajar menembel gigi, di proses ini aku juga belajar menembel "sakit hati". 
Celaan-celaan sering kali terlontarkan langsung di depan mata atau malah juga ada yang ngomongin di sosmed, iya aku tau semua itu. Apapun itu, disini aku sudah terlatir mempunyai jiwa ketabahan tingkat provinsi. 
Di semester pertama saja, aku sudah harus mempelajari 32 benda mungil yang bagi orang awam memang menjijikkan. Belum lagi ilmu anatomi, histologi, maupun morfologi yang sangat membingungkan. 
Gigi aja aku perhatiin mas, apalagi kamu -,-
Meskipun JKG dipandang sebelah mata oleh masyarakat, tidak akan menghalangi untuk menyelesaikan profesi ini. Adapun beberapa prospek JKG ialah :
      1.      Menjadi perawat gigi di poli gigi puskesmas
      2.      Bekerja di RS Negeri / Swasta
      3.      Menjadi Dosen
      4.      Bekerja di asuransi Kesehatan
      5.      Medical Representative (Dentailer) di Farmasi
      6.      Bekerja di Luar Negeri
      7.      Peneliti
      8.      Bekerja sebagai Penerbit Buku Kesehatan
      9.   Buka klinik mandiri di rumah
Apalagi Keperawatan gigi ini, salah satu jurusan satu-satunya di Jawa Timur. Jadi, jangan khawatir lulus kuliah jadi pengangguran. Insyaallah, loker perawat gigi terbuka lebar. #sumpahinibukanpromosikiok
Sebelum lulus, perawat gigipun bisa kerja asistensi di klinik sore. Lumayan uangnya bisa buat bayar kos. Maklum, sering kali uang kos ke-sleding buat iuran peralatan keperawatan gigi. Peralatan gigi gak ada yang gratis cuy.
Banyak pengalaman dari senior kalo menjadi perawat gigi itu jangan kaget kalo dipanggil "dok". Kurang enak apa coba, kuliah cuma 3 tahun sudah bisa dipanggil dok. Ya walaupun itu panggilan abal-abal. Masak harus melarang mereka dengan memberi slogan.
" jangan panggil saya "dok".
Memang persepsi JKG di masyarakat masih belum tersosialisasi dengan baik. That's why melalui postingan ini, aku berharap bisa sedikit merubah itu. 
Apapun yang aku pilih, semoga Tuhan mengamini.


Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

42 komentar:

  1. Jurusan apa aja yang penting kita seneng... Mau jurusan "Teknik Pemulung" pun kalo gue seneng dengan jurusan itu Why not.

    Apalagi itu kesempatan kerjanya masih kebuka lebar, nggak usah bingung nyari kerjaan deh.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemulung aja ada jurusan tekniknya, duh ngurangin populasi pemulung entar, soalnya para pemulung lagi kuliah. hahaha

      Hapus
  2. Jurusan apapun itu baik kok, selama kamu emang passionnya di situ dan kamu bisa bermanfaat bagi masyarakat nantinya. Mau Sastra Zimbabwe kek, Teknik Pertambangan Batu Akik kek, asal hepi dan bermanfaat kenapa enggak? Ye gak?

    Kebanyakan dari kita emang gitu, suka remeh sama jurusan minoritas. Coba FK, beeuuh berasa jurusan paling keren banget tuh. Tapi itu karena mereka gak tau aja. Jadi, ayo kasih tau pada dunia! (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusanku gak hepi sama sekali tris :( kalo bermanfaaat sih insyallah deh. :)
      eh, betewe dikau kok pro banget sama aku sih, jangan-jangan dikau jurusan minoritas juga. bhahahahaa

      Hapus
  3. Setiap jurusan pasti ada tempatnya masing2. Tergantunh individunya juga btw aku bru tau jurusan ini. Semangat ya ^^

    BalasHapus
  4. Setiap jurusan pasti ada tempatnya masing2. Tergantunh individunya juga btw aku bru tau jurusan ini. Semangat ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sip. tuhkah, baru tahu. hmmm sudah kuduga :)

      Hapus
  5. Perawat gigi di tempat kerja saya skg sudah sukses....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dikomentarin mas adi. semoga adi-nya mbak anjel ya :D
      Mas adi daerah mana?

      Hapus
  6. semangat dok *eh, semua kalo dinikmati dan sesuai passion insya allah ada jalannya kok
    usaha keras itu takkan menghianati #vvota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hih, awas ya kalo diulangi. dasar!
      Duh disemangatin sama mas pandu, pasti semangat kok :) hehe

      Hapus
  7. Sabar... suatu saat perawat gigi bakalan menguasai semesta

    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadduh, alay tingkat semesta ini, enggak aku gak sejauh itu juga kok ekspektasinya.

      Hapus
  8. Wew, mau dong dirawat giginya hehehe.
    Jalanin aja selagi masih dalam niatan, oke (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mau? ntar ya kalo semester 4 jadi pasienku ya :)
      oke makasih gus :)

      Hapus
  9. btw itu bisa juga gak ngerawat perasaan gue yang sudah rusak :')

    BalasHapus
  10. Haloo perawat gigi. Perawat gigi bisa masangin behel nggak, sih? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga rizka :) itu kompetensinya spesialis orthodontik ris :)

      Hapus
  11. apapun jurusannya,yang penting,nikmati dan jalani sepenuh hati aja :) *curcol

    BalasHapus
  12. Jurusan apapun kalo individunya berkompeten dan profesional pasti bakal dicari kok, sya sdah mgalaminya sendiri mjd prwat gigi

    BalasHapus
  13. Kak kalo dari jurusan ips dan pengen buat masuk poltekkes khususnya pd prodi keperawatan gigi kira2 bisa ngga ya? Mohon balas di evanindhi31@gmail.com

    BalasHapus
  14. Yg semangat yaa... ����

    BalasHapus
  15. Cerita kaka ini persis sama ceritaku😂😂 tahun ini ak semester 1 prodi d4 keperawatan gigi

    BalasHapus
  16. ka mau nanya kan kaka di poltekkes, nah kan di poltekkes tuh suka ada tes kesehatannya gitu nah kaka dulu pas tes kesehatannya gitu gigi juga di periksa ga kaa?, soalnya kan itu keperawatan gigi. mohon di jawab yaa, makasih sebelumnya kaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada tes kesehatan dik, tapi giginya ga diperiksa kok. tes kesehatan umum kok

      Hapus
  17. ka, mau nanya dong. aku kan baru lulus tahun ini. pengen masuk poltekkes jg tp bingung milih antara keperawatan atau keperawatan gigi. tolong dong ka kasih saran sama keunggulan/kekurangan masing2 jurusan itu. aku bnr2 lg galau hehe. makasih sebelumnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. keunggulannya, menurutku sepadan sama-sama perawatnya ya sis. kekurangannya perawat umum lebih famous dari perawat gigi. yah senasip sama perawat mata. dipandang sebelah mata sis. tapi tenang, keperawatan gigi adalah jurusan yang langka sekali. buktirnya sejawatimur cuman ada satu kampus. Nah, jadinya peluang kerjanya semakin besar. mungkin saingan ya sama anak sekelas itu. Oke semangat semoga pilihamu terbaik nantinya. :)

      Hapus
  18. gw juga kul di JKG, skrg dh smster 2. dr awal kuliah smpai skrg gw blum dpetin feel nya. ibarat abg yg dijodohin ortu, kalo ga suka ga cocok ya susah. gitu jg yg gw rasain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw aja yang semester akhir, masih belum dapetin feel. udah dik jalanin dulu :) ini juga dalam proses usaha untuk mencintai jurusan sendiri. wkwkwkw

      Hapus
  19. Kak di kuliah JKG yang dipelajari apa aja kak? Banyak materi apa praktek? Terus ada istilah istilag pake bahasa latin ga?
    Please jawab, saya lagi bimbang milih JKG apa Keperawatan umum 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak adik, anatomi fisilogi, kebutuhan dasar manusia, mikrobiologi, konservasi, agama, kewarganegaraan. dan banyak lagi. keriting kalo disebutin satu-satu disini. wkwkw begitini JKG yang di Poltekkes Surabaya kebetulan dalam lingkup pendidikan vokasi. Di Indonesia sendiri ada 3 jenis pendidikan yakni akademik, profesi dan vokasi. nah perbedaannya kalo akademik itu 60% = teori, 40% = Praktek. nah kalo vokasi itu 60% prakteknya, dan 40% = teori. Karena dalam lingkup dunia kesehatan, jadi bahasa yang sering dipakek yakni bahasa medis. CMIIW ;)

      Hapus
  20. Aku boleh minta saran ke kalian smua yang baca komentar aku ini "aku bingung harus ngambil jurusan apa aku lulusan smk perawat terus aku pengen kuliah lagi tp kata suster di tempat kerja aku jangan ngambil perawat mending ngambil perawat gigi radiologi atau yg lain asal jangan perawat gitu aku minta saran ke kalian semua kelebihan dan kekurangan perawat dengan perawat gigi itu apa ??

    BalasHapus
  21. Aku boleh minta saran ke kalian smua yang baca komentar aku ini "aku bingung harus ngambil jurusan apa aku lulusan smk perawat terus aku pengen kuliah lagi tp kata suster di tempat kerja aku jangan ngambil perawat mending ngambil perawat gigi radiologi atau yg lain asal jangan perawat gitu aku minta saran ke kalian semua kelebihan dan kekurangan perawat dengan perawat gigi itu apa ??

    BalasHapus
  22. Tuk riskintropus Mojokertensis....

    Namanya Unik he... keren,...

    Saya jg perawat gigi lulus 2006 dari Poltekkes Tanjung karang Lampung.
    Awalnya nyasar ketrima disitu krn harus pilih 2 jurusan waktu ngedaftar. Awalnya pilih perawat aja trus kata panitia harus diisi 2 jurusan,.. akhirnya pilih kesehatan gigi (dulu jurusan kesehatan gigi).Akhirnya diterima malah di pilihan yg ke 2. Akhirnya dijalanin... Tp ternyata oh ternyata.... di JKG waktu praktikum harus nyari pasien sendiri untuk dijadikan kelinci percobaan (hee..) dalam hal ini lebih mudah perawat umum krn pasien ada banyak du rumah sakit tinggal pilih sesuai kasusnya,. hal ini cukup menyita tenaga dan biaya he,,,. Trus pengalaman yg tererat waktu menyusun Karya Tulis Ilmiah,.. dapet pembimbing drg. yang killer. susah ditemui kalo mau konsul, tempramen dan maunya judul yg diangkat yang penelitian pada masyarakat dg popilasi yg luas, semacam Skripsi drg. sampe dosen pembimbing yg lain geleng kepala keheranan,... dan yg paling parah awal nyusun KTI harus dengan TULIS TANGAN!!! ga boleh pake komputer (waktu itu 11 thn yll laptop adalah barang mewah)he... jadi kalo salah ditengah ga bisa diedit tapi harus di tulis ulang, mantab deh penderitaannya... sampai waktunya habis harus kumpul KTI kelompok kami 10 orang belum selesai krn selain killer si dosen sering keluar kota jd ga ada progres maju. dan akhirnya ga lulus 3 tahun!!!! Duar!!! seperti disambar petir bagi kelompok kami ber 10 orang. Nangis bareng bareng juga dengan kakak kelas yg masih nyangukut ga lulus dg dosen pembimbing yg 1 ini. 1 tahun lagi harus dilalui bolak balik ke kampus untuk nyusun KTI dan akhirnya selesai buah dari kesabaran.... Dan Hikmahnya: dari kami ber 10 yg lulus belakangan tinggal 1 orang blm diterima jadi PNS dan yg lulus duluan lebih banyak yg belum jadi PNS. Semua ada hikmahnya... Maka pesan buat adik-adikku yg sudah terlanjur kuliah di JKG semangatlah.... cepat selesaikan setiap rekruitmen pasien. karena ternyata setelah bekerja kita lebih enak dibanding perawat umum, kita ngga ada shift sore dan malam, dan setiap tindakan gigi berbayar lebih mahal so penghasilan jg lebih besar .. Sekali lagi SEMANGAT!

    BalasHapus
  23. Halo kak, aku juga di poltekkes JKG juga loh. Baru masuk tahun ini, HIDUP PERAWAT GIGI!!!

    BalasHapus
  24. assalamialaikum, mbak adakah email yang bisa saya hubungi? saya ingin mewawancarai untuk memenuhi tugas kuliah. mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  25. Kak kalau masuk perawat gigi,giginya harus rapi&bagus gak?

    BalasHapus

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)