Fenomena Pengamen dan Pengemis Rumahan Masa Kini

by 07.22 47 komentar


Di postingan kali ini, sebenarnya gue mau sharing tentang kondisi sosial di lingkungan gue. Khususnya yang akan gue angkat tema dalam postingan kali ini itu “Pengamen”. Lebih tepatnya sih kerisihan gue. Hiks banget deh.

Karena gue 6 sasi terkungkung dalam pondokkan. Gue gak tau dunia luar sama sekali. Dunia per-ngamenan pun tak tahu. Ya, terakhir kali berinteraksi dengan pengamen ya pas kelas 6. Itupun gue masih tidak bisa membaca fenomena sosial. Kasihan banget gue ya.

Sebenernya sih, ada liburan dan wajib pulang kampung. Ya gue pulang sih, tapi selama 6 tahun itu gue gak pernah ngasih duit ke pengamen. Gue selalu nyari adek-adek gue buat ngasih ke recehan. Bukannya gue gak mau loh. Tapi kan, aku anak pondokkan. Kalo keluar rumah itu ribet banget, harus pakek baju panjang lah, pakek kerudung lah. Kan kalo didalam rumah pakek baju terbuka. Hahaha. 

Dan waktu yang aku pakek buat makek baju + kerudung itu bisa mem-PHP para pengamen, dan mereka pergi dengan ocehan-ocehan pelit. Makanya gue nyuruh adek gue, kan adek gue banyak jadinya kalo nyari gak se-lama gue makek bajut+kerudung. Lagian adekku penurut kok, kapan lagi kakak tercantiknya ini ada dirumah?? Kapan adek membahagiakan kakak?

Dan setelah gue resmi dipulangkan dari pondok, gue merasakan perubahan signifikan. Terutama dibidang per-ngamenan. Dan adek-adek gue gak mau lagi kalo disuruh-suruh sama gue. Dia sudah bosan di suruh-suruh kakaknya ini. Adek biadab!

Yang namanya hidup itu penuh dengan drama. Si pengamen pun punya berbagai modus biar giver itu ngasih ke pengamennya. Oke nih simak yuk keabsurd-an pengamen-pengamen rumahan di lingkungan gue.

1. Raja Gombal

Sering banget ketika gue ngasih recehan ke mas-mas pengamen itu, gue dapet gombalan. Emang recehan yang gue kasih itu feedbacknya gombalan norak itu. Gak mas.e..

Jujur gue risih banget kalo di gombalin. Apalagi oleh para pengamen-pengamen ini. kenal aja enggak. Ya kalo gebetan yang gombalin, gue sih mau mau mau. Hahaha

Apalagi kalo sampek nyentuh-nyentuh (red: ngelus-ngelus)  jemari gue. Idih.. gak jijik sih sama tangan mereka. Tapi gimana ya, bagi gue sih gak beretika aja. Udah dikasih malah mencari-cari kesempatan dalam kesenangan. 
2.  Dramatis

Seiring dengan meledaknya sinetron-sinetron di berbagai chanel tipi. Hidup ini penuh dengan drama. Begitu juga para pengamen rumahan ini, kadang mereka sambil bawa gitar dan bawa tongkat cacat. Ya kayaknya sih ini biar kita empati aja kok.

Wong pernah aku keluar malem-malem sama temenku nyari bakso. Eh doi malah jalan lancar aja. Kok gue tau oranngnya? Hayo? Screet admirer ya..

Soalnya gue pernah empati banget sama tuh orang. Udah jalannya pincang masih aja ngamen. Kalo udah pincang gitu ngemis aja gak papa lagi mas. Engkau udah punya modal cacat. Jadi, sering gue perhatiin tuh orang, mungkin seminggu sekali doi ngamen disini. Eh ternyata.. gue tertipu dengan penampilan juga bro. Makanya dont judge something  by its cover.
Aku rasa ini aja kok pengamen-pengamen yang absurd versi gue. Trus gak pengamen aja pemirsa, ada lagi pengemis yang absurd menurut gue. Ini dia...


  Ngemis kok bawa sepeda motor sendiri sih?

Begini pemirsa, beliau(Karena lebih tua dari gue, oke aku sebut beliau deh. Kan aku penganut adab kesopanan) itu sakit lepra. Dulu sih ketika zaman aku masih mondok beliau itu dianterin sebangsa tukang ojek gitu. Nah, pas gue ketemu setelah boyong dari pondok beliau udah memiliki kendaraan pribadi dan skill-nya udah berkembang. Yup, beliau udah punya sepeda motor sendiri dan bisa nyetir bro. Wah keren ni kang pengemis ini. Wah prospek kerjanya menjanjikan gini bray? 2 tahun lagi kayaknya naik mobil nih orang? Ayo siapa yang mau daftar?


Trus, mas gue absurd banget pemirsa. Pagi itu, kang pengemis datang lagi ke rumah. Entahlah kangen sama gue ato ama harta gue. Saat itu gue lagi ndengerin lagu sambil di-headset. Jadinya gue gak tau tanda-tanda kehadiran beliau. Trus, ditanya sama mas gue :
Mas gue            : Permisi pak, mau nyari siapa? Ayah? (siapa lagi kalo ayah, kan yang     sering dicari orang  diantara keluarga kami itu ayah. Temen gue, temen adek2 gue gak mungkin kan?)

Kang pengemis  : Ma.. Maa.. Maaaaaaf saya orang lepra mas. Mohon keprihatinannya. *sambil nyodorin tangannya yang lepra.

Mas gue              : ohh, *lari-kecirit


Dan setelah itu mas gue nyubit gue dan nyuruh gue ngasih duit ke kang pengemis tadi. Setelah itu mas gue cerita kejadian tadi dengan seheboh-hebohnya.

Yah, begitulah fenomena pengamen dan pengemis rumahan masa kini, makin maju dan makin bobrok. Ini sih di wilayah gue, gimana diwilayah kalian bray, tulis di comment box yah :*





Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

47 komentar:

  1. Ga percaya ada pengemis bawa motor sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya gak percaya, ini nyata bukan rekayasa bro.

      Hapus
  2. Wah ada ya pengemis bawa motor... GOKIL :(

    BalasHapus
  3. Emang gitu, gue malah sering nemu pengemis bukan bawa motor sih, tapi kalo pagi dia dianterin pake motor, mungkin sama keluarganya, agak sorean dijemput lagi. Ya jadinya ngemes itu dijadiin pencaharian lah..

    Pengamen juga gitu, tapi kalo sih fine-fine aja kalo pengamen, soalnya dia itu ada usahanya biar dikasih uang. Meskipun kadang suaranya minta dibius pake ketek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu pengemis sih dulu dianterin, sekarang udah bisa mandiri. tapi ya gak mencerminkan citra ke-pengemisan coy.

      iya sih gak ada perundang-undangan yang ketat kok. sah-sah aja sih perbuatan mereka.

      Hapus
  4. Namanya juga orang nyari duit neng, ya gak apa kali kalo ngamen, dari pada ngemis?

    BalasHapus
  5. Yap, gue juga sering nemuin pengemis bawa motor. Dikendarain lho ya maksudnya, bukan diangkat terus dibawa-bawa. Yakale.

    BalasHapus
  6. Keren banget pengemis udah bisa menghasilkan motor, gue curiga tahun tahun selanjutnya pengemis dijadikan passion seseorang, abis itu dijadiin mata pencahariaan juga. Gilee

    BalasHapus
  7. Di KTP pasti pekerjaan ditulis pengemis ya, kerjanya jauh jadi bawa motor... wkwkwk

    BalasHapus
  8. Bahkan ada juga pengemis yang di Jakarta gembel tapi di kampung dia punya rumah gedongan dan tanah di mana-mana... -___-"

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. ternyata untuk bisa menulis komentar di blognya neng manyun cukup menguras dompet emosi :D

    jd gini neng,ngmong" masalah pengemis/pengamen, Q jg punya cerita.
    tp bacanya dalah hati saja,gak enak nanti kalo pengemisnya denger, :D

    jd begini (sebentar neng,tanganku gatal).................
    haeuuhh...sekarang ganti rambutku yang gatal neng.......
    apa gara" td sore belum mandi yah kok jd gatal" gini......

    oiaa....jd lupa td sampe ke pengemis ya neng.
    jadi begini,doloe pas Q masih SMP ada satu pengemis (sebut saja : mbh karung) yang ko diliat dari wajahnya tu polos,tp nyeremin juga sih,awalnya sih org" kampung ga begitu curiga sama mbh karung,tp lama" org kampung curiga,msk ada pengemis pke jam tangan yg dikatakan cukup mewah dengan wrn kuning emas,

    eeeeeeeeee...........ternyata usut punya usut setelah beberapa lama ternyata memang bner nyun, rumahnya si mbh karung td cukup mewah,punya kerbau.Q sih ga tw cp yg menyelediki,tp banyak yg akhirnya tw klo mbh karung bukanlah org miskin.yg seharusnya tdk meminta"

    cerita ke dua ttg pengament

    Q sbenernya jg rsih si klo ada pengamen,apa lagi masih muda,masih bisa bekerja yang lebh baik dr itu "why not"
    atau mungkin pengamen berfikir bahwa mengamen jg bagian dr seni ,I dont care,but may b Yes

    Jd sebebernya Q juga jrang ngasih" uang ke pengamen Coz sama aja Qta ngajarin mreka jd org malas,
    tp ada satu pengamen yg mungkin dikatakan langganan Q neg"hahahahaha....
    sebenernya kasian jf sih klo liat pengamennya tu,
    jd crtitanya Q sering ke laun" jepara.nah pengamennya juga sering "nggenjreng" disono,apalagi pas malem minggu.

    awal"nya sih agak rsih,takut,tp krn dorongan teman (baca : terpaksa) akhirnya Q mau.sekalian iseng" g7. knp Q takut,risih,dan akhirnya terpaksa mw,krn pengamenya tuh LEKONG,NGONDET,ALIAS BENCONG,WARIA".hahahaha

    BalasHapus
  11. tapi gak semua pengamen N pengemis itu buruk

    Q punya cerita ttg pengemis neng,
    dulu pas lg musimnya bencana, ada kakek" pengemis yang jujur mengatakan klo dia memang mengemis N meminta belas kasihan org" krn desa dan rumahnya tenggelam krn banjir,
    dan yang membuat org kaugs jg setiap baliau mengemis dan kemudan datang waktu sholat,beliau langsung ke masjid dan mengumandangkan adzan+pujian.begitupun dahari yg lain

    trus Q juga punya tmen.tmenku krj di jakarta,dia klo pulang kampung juga iseng" ngamen,jd cuman buat hiburan g7.

    BalasHapus
  12. note : itu cerita singkat dari bang monyong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow kak Sudirman asmajawa komentnya panjang banget kek sungai kapuas. Hahaha
      Anyway makasih lo kunjungan dan komentnya. Namun, kalo emang gak iklas koment-nya ya gak usah. author gak merasa dirugikan sama sekali kok :D
      Soalnya disini gak ada unsur paksaan. atas dasar suka-sama suka. #ehkokngelantur

      ohya tentang pengemis di lingkungan lo itu menurut gue sih, terserah dianya aja.
      dia lebih memilih merendahkan derajatnya sendiri.
      tapi risih juga dengernya.

      Hapus
  13. wooyyy..cp yang gak iklas,..assem loe,..hahaha

    BalasHapus
  14. berfiqir positif aja, biarkan mereka jadi ladang amal ibadah sedekah, urusan pengemis dan pengamen yang kurang baik, kembalikan kepada diri mereka masing-masing. Klo teus2an nanti jadi curigaan loh, nanti gak bisa bedain mana yang bener-bener pengemis mana yang pembalap motor. eh

    BalasHapus
  15. lo kaya kakak cewe gue, kalau mau keluar rumah bentar aja ribet. Pake kerudung satu menit, ngaca buat ngerapihin kerudungnya bsa 5 menit hha

    Kalau masalah pengamen, gue sh gak masalah tujuan dan latar belakang dia ngamen kenapa. Kalau dia sopan ya gue juga ikhlas2 aja ngasih receh, tapi kalau rese ya ogah hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah cwek, ribet banget. :v

      sipdeh. :) awas resek jadi cinta loh :D

      Hapus
  16. Pengemis paling banyak tuh pas lebaran. Bulak balik mulu bikin risih

    BalasHapus
  17. wakakakka.... sempet sem[etnya neh investigasi, bentar lagi akan ada modus baru. pengamen yang demen blogging, ngemis2 buat beli paket data, karna dah seminggu belum blogging...wakakakkaka
    ====================
    makanan kelinci

    BalasHapus
  18. pengemis disini macam pake jadwal ronda, kalo kamis: selalu hari kamis hadirnya. kalo yang rabu; selalu hari rabunya hadirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha dirumah gue juga ada. kalo hari senin orang itu, kalo selasa anak itu.. dst

      Hapus
  19. Pengemis sekarang itu pada modus semua . Lain kali pake sarung tangan aja biar gak di towel" sama ntu pengemis :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha pakek hand scound steril aja sekalian :D

      Hapus
  20. ada pengamen tukang gombal? dan ada juga pengemis bawa motor sendiri? wah gue baru tau, padahal gue bukan anak pondokkan=.=). untung gak da pengemis yang bawa lamborgini ya. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemana aja lo selama ini? :D
      Kalo bawa lamborgini malah tak pinjem ntar. haha

      Hapus
  21. Hufft, ya gini ini yang bikin kita udah gak simpati dan empati lagi ke emreka. Susah percaya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya harus dikasih kartu simpati aja ya, biar ada simpati lagi. :-bd

      Hapus
  22. Haha,gue juga sering kayak gitu. Saking seringnya bahkan gue pernah dicium pengemisnya karna gak ngasih duit *kemajuan.

    BalasHapus
  23. waah itu udah biasa mbak,malah ada juga pengamen rumahnya tuh gede banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kita gak bisa dengan kasat mata langsung nilai seseorang. ya...

      Hapus
  24. Tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah moga yg muda" gak ngemis lagi biar jarang yg gombal hehe plus nyentuh" bukan muhrim....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih.. semoga mereka sadar. Biar badan ini milik suami seorang. Hahaha

      Hapus
  25. Udah banyak yang memuji tulisan sista ini ya, jadi rasanya ga asik kalo dokter ikut-ikutan memuji, jadi dokter mau ngasih wejangan aja ya...

    Dalam dunia penulisan, penggunaan kata ganti orang pertama tunggal (aku, saya, gue) itu penting lho sis. Sayang banget tulisan bagus sista agak kurang sempurna dengan adanya inkonsisten dalam penggunaan pronoun. Kadang sista menyebut diri sendiri menggunakan 'Aku' kadang juga menggunakan 'Gue'. Untuk kedepannya diperhatikan lagi ya sis pronounnya. Overall, catatan observatifnya keren. :)

    Kalo dokter sih YES. Ga tau deh mas Anang...

    Keep blogging...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadduh seneng banget kunjungan dari dokter nih.. *kibaskibasponi
      apalagi komentarnya membangun. Makasih banget ya masukannya pak dokter.

      Yes dapet GOLDEN TIKET :D
      Hahaha

      Hapus

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)