Rizki Ada Dimana-mana

by 21.24 2 komentar
Pernah denger nama Rizki, Riski, Resky, dan sejenisnya. Aku yakin, dari reader atau temen reader pasti ada yang punya temen nama yang aku sebutin maupun malah kalian sendiri. Artis aja ada kok. 





Yups Resky Aditya, Rizki Nazar
Yaudah, kalo gak mau ngaku gakpapa, biar aku, Tuhan dan kamu saja yang tahu. J
Dalam postingan ini aku gak bahas tentang rizki yang berbau ekonomis (looking for job). Disini aku mau spesialisasi pada betapa maraknya nama “rizki” dipergunakan. Actually........
“Rizki itu nama umum, pasaran, fenomenal, tidak mengenal strata, uniseks, tidak mengenal usia.”
re·ze·ki n 1 segala sesuatu yg dipakai untuk memelihara kehidupan (yg diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah.” -----KBBI
Menurut data dari kaskus, nama rizki menduduki nomor ke 35 dari 100 nama yang populer di Indonesia. Emang sih, dari segi makna memiliki arti yang positif dan sangat mudah untuk dilantunkan. Tapi, tidak untuk sebagian spesies pelat (sulit melafalkan salah satu alfabet) dengan huruf “R”. Jadinya gak Rizki lagi, tapi Liski.
Aku punya teman, Teman supermainan  yang pelat dengan huruf “R”. Biasanaya kalo manggil aku itu “Liski”. Dalam hati nurani aku berkecimpung pertanyaan :
“Siapa nih anak, berani-beraninya gonta-ganti namaku. Berani bancaain??”
Konon, di kampungku untuk penggantian nama harus ada acara adat yaitu bancaan. Bancaan ialah berbagi rezeki kepada sekitarnya dengan semampunya. Bisa berupa tumpengan, bubur, snack, uang, dan sejenisnya.
Bagi spesies yang kurang beruntung membaca R menjadi L. Aku selalu tertawa mengejek saat dia manggil namaku. #itudulu #kalosekarangmalahngakakstadiumtiga. Untungnya dia anaknya gak mudah tersinggung. Sebenernya sih bukan apa-apa nertawain dia, ya kadang mengejek itu bisa jadi tanda sayang. #halah
Dia akhirnya gak pernah panggil aku LISKI lagi karena dia join kakakku. Kalo manggil aku tuh “GOMBAL”. Sumpah, kali ini aku hanya bisa meratapi nasib sementara aku menjadi gombal. Oke ini kampret!!!
Oke kembali ke topik kita tadi. RIZKI. Yah, perotolan alias cercahan dari nama lengkapku RIZKIATUL MUFARIHAH, dengan untaian kata kecewa kukatakan dengan melas bahwa namaku ini parodi dari saudara jauh aku. Dari anaknya-saudaranya bapaknya-ayahku. Entahlah, itu namanya apa. Apakah gentong sewor, udek-udek. Pokoknya darah ke-buyut-an (nenek moyang) kita bertemu pada Bani Abu Bakar (red, bukan sahabat Nabi Muhammad shallahu alaihi wassallam). Nama asli pada hari berojolku tuh Rizka Fariha. Dan entahlah kapan ayahku mengganti nama itu menjadi RIZKIATUL MUFARIHAH. #Ayahkusesat
Punya nama pasaran tuh ada enaknya, ada eneknya broo.. Tapi, menurut pengalamaku pas jadi riski tuh balance kog. Ada suka-dukanya pasti.
Positifnya
1.      Namaku mudah di cerna dan dihafal. Pastinya gampang diinget.
Eli : Hey, ini risky kan?
Aku  : Yes, sis. Kamu Elikampret itu kan?
Eli  : Bukan sis, aku Elizabet.
Aku :Duh, maaf ya sis. Maklum, manusia tempat salah dan lupa.
2.      Rame di pasaran. (Rizky collection, rizki jaya, rizki maju, rizki salon, rizki loundry, pentol rizki DKK).
Negatifnya


1.      Siap dibeda-bedakan.
Pas kita hidup bersama dalam suatu masyarakat dan di lingkukan yang kita huni itu ternyata terdapat 2 spesies atau lebih. Pasti panggilnya tuh jadi gini, yang satu rizki kecil, yang satunya lagi rizki besar atau bisa jadi rizki elek dan rizki ayu. Wah, beginilah yang memulai diskriminasi sosial.
Tapi disisi lain aku bersyukur dengan dianugrahi nama RIZKI. Meskipun nama potokopian, aku punya motivasi hidup. Yah, orientasi aku kedepan adalah membahagiakan orang-orang disekitarku sesuai dengan arti namaku saat ini “Rizki yang membahagiakan”. Bagaimanapun caranya..
Oke sekian dulu, kalo mau nambahkan maupun sanggahan di kotak kementar ya..

source : http://www.kaskus.co.id/thread/52bf00eef8ca17ec178b464c/100-nama-nama-yang-paling-sering-dipakai-orang-indonesia-ente-termasuk-ga-gan/




Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

2 komentar:

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)