4 Jurus yang harus lo lakuin sebelum UN datang

by 01.30 22 komentar
Gak nyangka sebentar lagi UN sudah didepan mata. Apalagi yang lagi kelas 12 seperti gw ini. wahhh #curcol
Banyak sekali perubahan sosial yang nyeleneh terjadi. Yang biasanya jarang beribadah, sekarang sok rajin beribadan, yang biasanya cuek-bebek alias antisosial sekarang jadi murah senyum, yang biasanya baca novel sekarang kesana-kemari bacaannya buku detik-detik(atau sejenisnya), yang biasanya doyan pacaran jadi putus.  
Padahal emang udah punya yang lain sih. Kasihan si UN buat ajang argumentasi dalam acara putusisasi massal
Tapi, semua itu memang tidak ada maksud lain, selain agar bisa lancar mengerjakan soal-soal UN.
Kali ini, gw akan bagi-bagi jurus buat lo mau INSYAALLAH lancar dan sukses UN tahun ini. Amiiin. Tapi, jurus-jurus yang gw bagi nanti bukan khususon tuk pelajar UN aja kog. Bisa dipakek buat tes-tes lain, seperti biar sukses tes CPNS, SBMPTN, dkk(dan konco-konco)
Naaah.... ayo langsung saja.

1.  Wiridan Soal

Wiridan soal? Maksudnya begini kawan, wiridan kan biasanya dilakukan rutin setelah solat maktubah. Begitu juga wiridan soal harus dilakukan kontinyu sebelum menjelang ujian. Soalnya dengan begitu kalian akan paham karakter soal ujian yang lo hadapi itu gimana.

2.  Mohon Do’a Restu
source image: http://memomo-bona.blogspot.com/2012/10/mohon-doa-restu.html

Ini bukan yang di nikahan2 itu bero.. maksudnya itu jangan lupa minta doa restu kepada orang tua. Doa orang tua kalian itu sangat mujarab lo kawan. Apalagi ibu kalian. Syukur-syukur kalian bisa sungkem sebelum UN.

3. Bersedekahlah pada orang yang tepat
Bersedekah itu banyak macam-macamnya. Mulai dari murah senyum, membantu orang lain, maupun membahagikan orang lain. Dan point yang paling penting itu pada ketepatannya kawan.
Ada cerita fakta gini kawan. Ini dari tetangga desa gw. Sebut aja namanya Andi. 
Dia adalah murid terpandai dikelasnya. malah dia murid teladan di sekolahnya. Pada saat itu sebelum pra-UN ada acara bancaan untuk satu sekolahan. Saat itu Andi membawa lauk tahu-tempe plus gosong pula. 
Jadi, ya banyak yang gak milih deh. trus, ada peran lain yaitu Ani. Dia sih tergolong murid dibawah standart namun pada saat bancaan dia membawa lauk paha ayam. Apalagi masyarakat desa, kalo dapet paha ayam itu suatu berkah tersendiri dan sangat jarang terjadi. 
Jadi, para murid2 bertanya-tanya siapa sih yang membawa ini? dalam hati maupun dhohir murid2 yang sedang menikmati itu  mendoakan gini “semoga yang bawa paha ayam ini nilainya paling bagus”.
 Dan waktu pengumumanpun terjadi, nilai Ani ternyata jauh dari rata-rata sedangkan, si Andi tidak lulus sendiri. Emang sih, ada ujian susulan. Tapi, pada saat teman-temannya sedang nye-ped seragam putih abu-abu mereka, apa kalian mau duduk termenung dan meretapi seperti Andi?
Jadi, bersedekahlah pada tempatnya ya. Sedekah komentar juga #rapopo kog :D #iklan


4. Rajin Beribadah
Belajar memang penting, tapi kalo tidak diimbangi dengan ibadah kan cemplang kawan. Berhubung gw anak pesantren kemaren, gw dapat ijazah dari Kyai gw. Kalo kalian mau sih gak papa, ijazahnya begini:
#Sholat Hajat 2 rakaat
Niat : Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala” (aku niat sholat sunah hajat karena Allah) 
1.      Untuk rokaat pertama yang dibaca Al-Fatihah dan ayat kursi. Dan untuk selanjutnya seperti solat biasanya
2.      Untuk rokaat kedua yang dibaca Al-Fatihah dan surat Al-baqoroh 285-286, dan untuk selanjutnya seperti solat biasanya.
3.      Salam dilanjutkan untuk membaca basmalah 1000x
Atau bisa jadi menurut ijazah langsung dari Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallah bahwa setelah sholat hajar doa yang dibaca adalah : (hadist shohih menurut jumhur shohih)

الَّلهُمَّ اِنِّي اَسْاَلُكَ وَاَتَوَجَّهُ اِلَيْكَ بِنَبِيِّنَا مُحَمَّدُ نَبِيّ الَّرحْمَةِ
يَامُحَمَّدُ اِنِّي اَتَوَجَّهُ بِكَ اِلَى رَبِّي فِى حَاجَتِىْ لِتُقْضَى لِيْ........

Untuk titik-titiknya diisi semua doa-doa kalian. Doa bisa disampaikan walaupun tidak dengan bahasa arab. Yang penting mewakili semua keinginan dan bisa dipahami. Dan waktu mengerjakannya paling afdol pada waktu sepetiga malam yang terakhir dan sebagaimana tata cara berdoa biasanya yaitu diawali dan diakhiri dengan sholawat dan hamdalah.
Yah, sepertinya 4 jurus itu saja yang bisa gw sampein. Kalo ada kurang jelasnya langsung aja tanya di lantai bawah yah :D OKE SELAMAT BERJUANG :D


Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

22 komentar:

  1. he he..... ide bagus, dan penyampaiannya bikin wajah saya segar, senyum.

    BalasHapus
  2. jurus yg benar dan tidak menyesatkan =D sukses buat UNnya dan semoga bisa kuliah di PTN impiannya Aamiin O:)

    BalasHapus
  3. Berlaku utk kls XI, catet! Wkwk.

    Bermanfaat banget ini, apalagi yg mohon doa restu, buat acara syukuran dulu ntar. *eh.

    BalasHapus
  4. Tul banget tuh. Gue setuju sama cara yang ketiga. ampuh. hehe

    BalasHapus
  5. Jurus jitu banget dan udah pernah gue lakuin waktu mau unas dulu. :))

    BalasHapus
  6. bukan nya gua ga praktekin kayak hal nya anak-anak sd,smp dulu, waktu sd gua inget pernah doa abis sholat, supaya un gua dilancarin, alhasil, sekolah sd gua emang super duper ngelancarin un gua, sampe nilai rata-rata 9. buat di smp gua agak kacau, engga doa kayak nya belajar juga dikebut terus, karena ada halangan sakit dbd waktu itu, akhir nya gua un susulan, ngenes sih, tapi itu udah takdir, semoga aja un sma nanti gua jadi lebih baik ya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin deh, pokoknya jurus2 ini penting2 gak penting sih,, tapi pengaruhnya besar loo...

      Hapus
  7. Cakep banget dah tipsnya manteeeb,,, apalagi liat gambar yang pake ritual wirid nya itu,,,, wkwk

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. ha ha ha.. yang jelas belajar aja dulu yang rajin, setidaknya itu juga membantu kita dalam mikir :)
    Nih, UN menurut gue
    http://keritingggg.blogspot.com/2013/04/un-uji-nyali-2013.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. wiridan soal itu yang pas buat cara belajar UN, versi gw lo.. :D

      Hapus
  10. Sukses ya UN-nya.. Semoga lancar..

    Ada satu hal lg yg biasanya dilakuin kalo mau ujian, minta maaf ke ortu, kakak, paman, bibi, sepupu, temen2. Udah berasa kayak lebaran sih. Tp maksudnya biar gak ada ganjalan di hati, dan semuanya ikut ngedoain.

    BalasHapus
  11. Semoga pada lancar untuk yang masih sekolah baik yang nulis artikel maupun yang comment. Berhubung saya gak ada kesempatan untuk kuliah hanya bisa mendoakan yaaah.... Ngomong-ngomong gaya bahasa yang Posting unik sekali. Lucu tapi mengena gitu. Saya aja sampai ketawa. he he...

    BalasHapus
  12. doa nya kudu di catat ini biar di amalkan dan di sampaikan juga ke orang lain :D

    BalasHapus
  13. Padahal punya pacar pas ujian itu enak lohahaha :D

    Sebelumnya maaf, mau ngasih masukan boleh ya? Kalau bisa tulisannya lebih dirapihkan lagi. Tulisanmu seru loh, tapi kalau dempet2an gitu agak pusing bacanya. Semangat dan sukses!

    BalasHapus

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)