Sakit Gigi, tidak cukup hanya minum obat!

by 11.01 8 komentar
 
fyi, ini sepupuku, yang mau nyepik brondong ini contack ya hehehe
Sakit gigi, ah mungkin suatu penyakit jarang diprioritaskan. Bukan masalah yang besar, jadi banyak yang nyepelehin. Lebih ngenesnya lagi, gak ada yang njenguk. Alah sakit gigi ajaa..

Mungkin bagi mereka yang belum merasakan sakit gigi, memang suatu hal yang remeh, padahal ada yang bilang mending sakit hati daripada sakit gigi. Bener kan?

"Pantes gigimu bagus gitu, makanya masuk jurusan gigi"
Sering statement diatas terlontar di depanku, padahal kalo mereka tahu penampakan gigiku sebenernaya kek gimana, duh ngeri banget. Sudah banyak yang hilang. dan yang perlu kalian tahu, masuk jurusan gigi gak harus giginya bagus/rapi. 

Sebenernya kalo dibilang malu sih, iya malu. Soalnya di statusku yang sekarang notabanenya mahasiswa keperawatan gigi, akan benar-benar diuji. Ya, biasanya memberi penyuluhan untuk menjaga kesehatan malah giginya juga malah gak ada. 
Kan sama aja kayak para dosen yang ngajar budaya anti korupsi, tapi doinya sendiri yang biasanya praktek korupsi.
Tapi, setiap orang pasti punya latar belakang yang berbeda-beda.
Nah, pas aku aja kena masa lalu yang kurang beruntung. Dulu aku termasuk orang yang rampan karies, dan pengetahuan tentang gigi sangat minim bangetlah. Mungkin, kalo sakit gigi ya minum obat. Sikat gigi aja kalo pas mandi aja, padahalkan yang bener setelah sarapan dan sebelum tidur malam. 
Sehingga dont know dont care deh kalo sakit gigi. Sampek temenku sering nertawain aku, 
haha kok bisa lu masuk jurusan gigi? Padahal lo kan complicated banget pada gigi. Ah sudahlah, aku terjerumus dalam lembah (mungkin) mebawa keberuntungan suatu hari nanti. #inihanyamenghiburdiriaja
Biasanya kalo sakit ya beli obat generik (ponstan), kalo sembuh ya sudah. Dibiarkan lagi.
link disini
Did you know guys??

Sakit gigi itu beda dengan penyakit yang lain yang tidak bisa dikasih obat saja bisa sembuh. Sebenarnya obat itu hanya analgesik yang berfungsi menghilangkan rasa sakitnya saja. Belum menyembuhkan penyakitnya.
Sakit gigi itu harus dilakukan perawatan, kalau tidak bakterinya akan terus melakukan penyerangan pada gigi kalian guys
Ya struktur gigi ada enamel (email), dentin, dan pulpa :

link disini 
Nah biasanya itu, kalo sudah mencapai pada pulpa itu mulai terasa sakit karena di pulpa ada pembuluh darah, syaraf, dan jaringan ikat. Biasanya kalo pulpitis biasanya dilakukan penumpatan. Namun pada tahap itu tidak dilakukan perawatan konservasi/penambalan gigi akan terus berlanjut sampek pulpanya mati dan gigi otomatis mati dan indikasi pencabutan. 

ini nih ada temen yang curhat ke aku..
sengaja tak hilangin identitasnya, ya mungkin menyinggung peresaannya.. heheh

Tidak semua gigi yang tidak dirawat akan menjadi indikasi pencabutan, calm down baby. Seperti temenku konsultasi diatas itu. yang seperti digambar itu. masih bisa dirawat dengan Perawatan Saluran Akar. Ya memang nominal untuk perawatan ini bisa dibilang cukup mahal, dengan frekuensi 4 kali kunjungan normalnya. 

Nah jika dibiarkan ada masalah yang lebih kompleks lagi, yakni gigi mati/non vital. Bukan masalah sudah selesai, belum pemirsa. Gigi yang dibiarkan akan menjadi fokal infection/sarang infeksi yang akan berpengaruh pada sistem sistemik tubuh kita.


KOK BISA?
“Kuman akan berkembang biak tanpa kendali di dalam rongga gigi dan pada akhirnya terjadi infeksi yang bukan hanya pada gigi, melainkan dapat bocor ke tulang di sekitarnya dan menyebabkan bisul pada gigi,” jelas Prof. Dr. drg. Hj. Melanie S Djamil, Mbiomed
Tidak hanya itu saja, beberapa infeksi antara lain, nephritis(radang ginjal), endokarditis(jantung), dermatitis(jaringan kulit), dan banyak lainnya guys.

Duh ngeri kan?? padahal sakit gigi aja bisa sampek segitunya..

PS : Kadang yang kita anggap remeh, bisa sangat membahayakan bagi tubuh kita.
So, Keep your health, brush your teeth twice a day, after breakfast and before night-sleep and check your health once a month at closer clinic.


Unknown

part-time writer

i write what surround of my head

8 komentar:

  1. Wah, informatif banget.
    Saya dari kecil takut banget ke dokter gigi. Melihat dokter gigi bak melihat sesuatu yang menyeramkan. :((

    BalasHapus
  2. kalo gue sih langsung cabut aja gigi nya

    BalasHapus
  3. Itung gigi bentar....
    syukurlah belum ada yang hilang...

    yang baru baca postingannya, silakan periksa giginya masing... *pasang senyum terbaik
    :D

    BalasHapus
  4. Langganan sakit gigi sejak kuliah semester 5. Ampun banget rasanya, pas priksa disuruh cabut. Dan alhamdulillah lega deh abis itu

    BalasHapus
  5. Dulu waktu kecil suka bermasalah sama gigi, soalnya suka makan sembarangan dan kadang lupa sikat gigi. Tapi allhamdulilah, sekarang ga ada masalah lagi sama gigi, cuman gigiku kata orang aneh. Ada gigi vampir yang tajem itu loh di kiri-kanan, terus di tengah sedikit gigi kelinci. Aneh ga sih? hehehe :D



    Mampir juga ya ke: http://diaryofdejavu.blogspot.co.id/2016/01/the-bloggers-reborn.html

    BalasHapus
  6. Kalau bengkak karena gigi tumbuh sp obatnya saya umur 27 tapi ga tau knp gugi paling belakang saya tumbuh sakut dan pasti brngkak kalau muncul rasa sakit

    BalasHapus

Berkomentarlah sesukamu. Jangan kuatir nanti ada feedback kok :D
Terima kasih sudah berkunjung. :)